Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer




Pengertian Driver komputer
Pengertian driver komputer menurut Edy Winarno “adalah sekumpulan perangkat lunak untuk memperkenalkan perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak ini sistem mampu untuk menggunakan perangkat keras dengan baik”.

Berapa driver yang harus diinstall
Sebuah komputer tersusun atas banyak hardware. Namun kita tidak perlu untuk menginstall drivernya  semua satu-persatu, Karena sebagian besarnya sudah bisa dihandle oleh driver bawaan yang ada pada sistem operasi.

Namun secara umum setelah melakukan install ulang, setidaknya ada 7 hardware yang drivernya harus terinstall, hardware tersebut adalah : VGA, Lan, Wifi, Chipset, Audio, Touchpad [pada laptop], Bluetooth [ jika ada].

Fungsi dari driver tersebut tentunya agar masing-masing hardware yang saya sebutkan tadi berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya anda ingin internetan menggunakan jaringan Wifi kantor, tetapi anda tidak menginstall driver untuk wifi, maka otomatis anda tidak akan bisa menangkap sinyal Wifi karena hardware Wifi pada laptop belum aktif.

Cara mendapatkan driver
Untuk mendapatkan driver komputer yang sesuai dengan spesifikasi komputer, setidaknya ada tiga cara yang saya rekomendasikan yaitu :

1. Menggunakan CD
Menggunakan driver yang berasal dari cd driver bawaan adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel.

Hal ini disebabkan cd driver tersebut telah sesuai dengan hardware yang digunakan oleh sebuah perangkat komputer.

Terlebih untuk anda yang menggunakan laptop, setelah selesai melakukan instalasi anda langsung bisa menginstall driver-driver tersebut, sehingga laptop dapat digunakan untuk segala kegiatan komputasi.

Berbeda dengan laptop, komputer desktop rakitan agak sedikit lebih ribet ketika menginstall driver. Jika komputer rakitan yang anda gunakan memiliki banyak hardware tambahan seperti vga card addons, kartu jaringan wifi, bluetooth, dll, anda harus menginstall driver untuk hardware tambahan tersebut secara terpisah.

Tetapi tidak perlu pusing, karena masing-masing hardware tersebut selalu disertai dengan cd driver yang sudah pasti kompatibel.

Penting !!!!!!!!!!!!!
Pada kondisi tertentu, keberadaan cd driver tidak dapat digunakan untuk menginstall driver. Hal ini sering terjadi pada kita melakukan upgrade sistem operasi yang tidak disupport oleh pihak manufaktur.

Misalnya, anda memiliki laptop yang awalnya didesain untuk sistem operasi windows xp, maka pada saat anda menggunakan sistem operasi terbaru seperti windows 7 misalnya, maka driver yang ada pada cd meski bawaan laptop tidak dapat digunakan.
Untuk itu kita memerlukan cara yang kedua.

2. Mendownload dari situs resmi
Perusahaan produsen perangkat keras komputer selalu dan wajib memiliki halaman khusus untuk medapatkan driver untuk produk-produk mereka.

Ketika microsoft mengeluarkan sistem operasi terbaru, maka merekapun berkewajiban merilis driver yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru untuk perangkat yang memang mendukung.
Cara ini agak sedikit ribet dan membutuhkan biaya karena namanya juga download, maka anda harus terkoneksi dengan internet.

Karena tidak memungkinkan jika saya jelaskan satu-persatu langkah-langkah untuk mendownload driver yang kompatibel untuk masing-masing merk komputer maupun laptop, maka dibawah ini saya berikan link keartikel yang insya alloh dapat memabntu anda mendapatkan driver yang kompatibel dengan perangkat komputer anda :

•    Panduan Download Driver VGA AMD
•    Panduan Download Driver VGA Intel
•    Panduan Download Driver Untuk Laptop Lenovo
•    Panduan Download Driver Untuk Laptop Merek Toshiba

3. Menggunakan Tool Pendeteksi Driver
Cara yang ketiga dan merupakan cara yang terakhir untuk mendapatkan driver komputer yang kompatibel.

Cara ketiga ini adalah dengan memanfaatkan program pintar yang berfungsi mendeteksi driver secara otomatis dan dapat digunakan untuk sebagian besar hardware komputer yang ada saat ini.

Program pendeteksi driver komputer terbaik saat ini adalah Driver Pack Solution atau yang biasa disingkat DRP.

Program ini memiliki database driver yang saaaaaaaaaaaangat lengkap, serta dapat berjalan hampir disemua seri sistem operasi windows.

Selain memiliki database driver yang lengkap, dalam program ini mempunyai opsi tambahan bagi anda yaitu opsi untuk menginstall aplikasi tambahan pada saat program mulai menginstall driver.

Program atau aplikasi yang ditawarkan antara lain : antiirus, browser, pemutar media dll.
Bagaimana dengan faktor keamanan ?

Program pendeteksi driver seperti driver pack solution sudah terjamin keamanannya karena telah mendapat sertifikasi dari produsen antivirus terbaik saat ini Kaspersky Lab.

source:
http://www.mykiosdriver.net/2014/10/pengertian-dan-fungsi-driver-komputer.html
Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer Pengertian Dan Fungsi Driver Komputer Reviewed by Sugi on 4/23/2017 Rating: 5

No comments:

Komentarlah sesuai judul postingan

Powered by Blogger.